Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:
1  
Alokasi Waktu
:
10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
Kompetensi Dasar
:
Mendiskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Indikator
:
§ Komunikasi dengan kolega dan pelanggan dilakukan se-cara terbuka, profesional dan secara ramah tamah
§ Menggunakan bahasa dan nada suara yang tepat, sesuai tata bahasa indonesia
§ Pengaruh bahasa tubuh dipertimbangkan
§ Kepekaan akan kebudayaan dan kemasyarakatan diper-lihatkan
§ Aktif mendengarkan dan bertanya dipergunakan untuk memastikan keberhasilan komunikasi dua arah

§ Potensi dan konflik yang ada diidentifikasi dan dicari solusi-nya dengan bantuan dari kolega bila dibutuhkan 





              
I.  Tujuan Pembelajaran
     Setelah pelajaran selesai diharapkan Siswa dapat :
1.    melakukan komunikasi secara terbuka, professional dan secara ramah tamah.
2.   Menggunakan bahasa dan nada suara yang tepat, sesuai tata bahasa indonesia.
3.   mempraktekkan bahasa tubuh, dan memperlihatkan kepekaan akan kebudayaan dan kemasyarakatan.
4.   aktif mendengarkan dan bertanya untk memastikan keberhaslan komunikasi dua arah.
5.    megidentifikasi potensi konflik dan mencari solusinya dengan bantuan dari kolega bila dibutuhkan.

II.                                                                                     Materi Pembelajaran
1.    Pengertian komunikasi
2.    Unsur-unsur komunikasi
3.    Media komunikasi

III. Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, bermain peran, Tanya jawab, diskusi

IV.  Langkah-langkah Kegiatan

A.  Pertemuan Kesatu.
ü Kegiatan Awal 
§  Apersepsi dengan tanya jawab, mengaitkan indikator dengan menggali pengetahuan siswa yang telah ada.
§   Siswa menjawab pertanyaan dari guru
ü Kegiatan Inti
§   Guru menjelaskan pengertian, unsur – unsur, dan media komunikasi.
§   Siswa memperhatikan penjelasan guru, menanyakan hal – hal yang kurang jelas.
ü Kegiatan Akhir
§   Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran dan meminta siswa untuk mempelajari materi pada pertemuan yang akan datang
V.     Media/Bahan/Sumber Belajar :
·      Modul BSKP
·      Buku paket BSKP

VI.  Penilaian
a.                          Jenis Tes :
·         Tes lisan
·         Tes tertulis

                                                                                            Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:
2
Alokasi Waktu
:
10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
Kompetensi Dasar
:
Mendiskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Indikator
:
§ Komunikasi dengan kolega dan pelanggan dilakukan se-cara terbuka, profesional dan secara ramah tamah
§ Menggunakan bahasa dan nada suara yang tepat, sesuai tata bahasa indonesia
§ Pengaruh bahasa tubuh dipertimbangkan
§ Kepekaan akan kebudayaan dan kemasyarakatan diper-lihatkan
§ Aktif mendengarkan dan bertanya dipergunakan untuk memastikan keberhasilan komunikasi dua arah

§ Potensi dan konflik yang ada diidentifikasi dan dicari solusi-nya dengan bantuan dari kolega bila dibutuhkan 




              
I.      Tujuan Pembelajaran
     Setelah pelajaran selesai diharapkan Siswa dapat :
1.    Menyebutkan azas komunikasi.
2.   Menjelaskan azas Komunikasi.
3.   Menjelaskan tata hubungan komunikasi.

II.          Materi Pembelajaran
1.    Azas-azas komunikasi
2.    Tata hubungan komunikasi (administrative communication)

III. Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, bermain peran, Tanya jawab, diskusi

IV.  Langkah-langkah Kegiatan

A.   Pertemuan kedua
ü  Kegiatan awal (Pendahuluan)
§ Guru menjelaskan tentang rencana kegiatan yang akan dilakukan yaitu tentang azas komunikasi dan tata hubungan komunikasi.
§ Guru memberikan apersepsi dengan cara bertanya tentang materi yang telah diberikan sebelumnya yang masih berkaitan dengan materi yang diajarkan.
§ Guru membagi kelas dalam kelompok maksimal 5 anak.
ü  Kegiatan inti (Penyajian)
§  Guru memberikan masalah yang akan didiskusikan.
§  Kelompok diminta untuk mendskusikan tugasnya masing-masing.
§  Guru membimbing siswa dalam berdiskusi.
ü  Kegiatan akhir (Penutup)
§ Setelah selesai diskusi, guru memberikan penjelasan secara umum terutama terkait dengan sub-sub pokok bahasan serta memberikan jawaban masalah-masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh siswa yang muncul saat diskusi.
§  Meminta siswa untuk merangkum hasil diskusi
§  Memberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa
§  Menutup pembelajaran.
V.     Media/Bahan/Sumber Belajar        :
·      Modul BSKP
·      Buku paket BSKP

VI.  Penilaian
b.                          Jenis Tes :
·         Tes lisan
·         Tes tertulis

                                                                                              Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:
3
Alokasi Waktu
:
10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
Kompetensi Dasar
:
Mendiskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Indikator
:
§ Komunikasi dengan kolega dan pelanggan dilakukan se-cara terbuka, profesional dan secara ramah tamah
§ Menggunakan bahasa dan nada suara yang tepat, sesuai tata bahasa indonesia
§ Pengaruh bahasa tubuh dipertimbangkan
§ Kepekaan akan kebudayaan dan kemasyarakatan diper-lihatkan
§ Aktif mendengarkan dan bertanya dipergunakan untuk memastikan keberhasilan komunikasi dua arah

§ Potensi dan konflik yang ada diidentifikasi dan dicari solusi-nya dengan bantuan dari kolega bila dibutuhkan 




              
I.      Tujuan Pembelajaran
     Setelah pelajaran selesai diharapkan Siswa dapat :
1.    Menyebutkan jenis-jenis Komunikasi.
2.   Menjelaskan jenis komunikasi
3.   Menyebutkan faktor-faktor komunikasi
4.   Menjelaskan faktor – faktor kuminikasi
II.          Materi Pembelajaran
1.    Jenis-jenis komunikasi
2.    Faktor-faktor komunikasi
III. Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, bermain peran, Tanya jawab, diskusi
IV.  Langkah-langkah Kegiatan
A.   Pertemuan ketiga
ü Kegiatan Awal 
§  Apersepsi dengan tanya jawab, mengaitkan indikator dengan menggali pengetahuan siswa yang telah ada.
§   Siswa menjawab pertanyaan dari guru
ü Kegiatan Inti
§   Guru Menjelaskan materi jenis – jenis dan faktor – faktor komunikasi
§   Siswa menanggapi dan menganalisa materi jenis dan factor komunikasi
ü Kegiatan Akhir
§   Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran dan meminta siswa untuk mempelajari materi pada pertemuan yang akan datang
V.     Media/Bahan/Sumber Belajar        :
·      Modul BSKP
·      Buku paket BSKP

VI.  Penilaian
c.                           Jenis Tes :
·         Tes lisan
·         Tes tertulis

                                                                                            Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:
4
Alokasi Waktu
:
10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
Kompetensi Dasar
:
Mendiskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Indikator
:
§ Komunikasi dengan kolega dan pelanggan dilakukan se-cara terbuka, profesional dan secara ramah tamah
§ Menggunakan bahasa dan nada suara yang tepat, sesuai tata bahasa indonesia
§ Pengaruh bahasa tubuh dipertimbangkan
§ Kepekaan akan kebudayaan dan kemasyarakatan diper-lihatkan
§ Aktif mendengarkan dan bertanya dipergunakan untuk memastikan keberhasilan komunikasi dua arah

§ Potensi dan konflik yang ada diidentifikasi dan dicari solusi-nya dengan bantuan dari kolega bila dibutuhkan 




              
I.      Tujuan Pembelajaran
     Setelah pelajaran selesai diharapkan Siswa dapat :
1.    Menjelaskan teknik berbicara yang benar.
2.   Menjelaskan pengertian konflik.
3.   Menyebutkan faktor penyebab konflik
4.   Menerapkan komunikasi dengan bahasa tubuh
5.    Menjelaskan cara berbicara yang benar

II.          Materi Pembelajaran
1.    Teknik berbicara
2.    Indikator konflik dan solusinya
3.    Bahasa tubuh
4.    Estetika berbicara
5.    Pendengar yang efektif

III. Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, bermain peran, Tanya jawab, diskusi

IV.  Langkah-langkah Kegiatan
A.   Pertemuan keempat
ü Kegiatan Awal 
§  Guru mengulas secara ringkas materi yang telah diajarkan sebelumnya
§  Apersepsi dengan tanya jawab, mengaitkan indikator dengan menggali pengetahuan siswa yang telah ada.
ü Kegiatan Inti
§   Siswa berlatih berbicara dengan menggunakan teknik berbicara yang efektif dan efisien,disertai dengan bahasa tubuh.
§    Siswa berlatih megidentifikasi potensi konflik dan mencari solusinya dengan bantuan dari kolega bila dibutuhkan.
§   Guru mengoreksi setiap latihan siswa
ü Kegiatan Akhir
§   Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran

V.     Media/Bahan/Sumber Belajar        :
·      Modul BSKP
·      Buku paket BSKP

VI.  Penilaian
d.                          Jenis Tes :
·         Tes lisan
·         Tes tertulis


                                                                                  Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:
5
Alokasi Waktu
:
 10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
Kompetensi Dasar
:
Menyediakan bantuan kepada pelanggan didalam dan diluar perusahaan
Indikator
:
§ Kebutuhan-kebutuhan dan harapan-harapan pelanggan
§ Semua komunikasi dengan pelanggan dilakukan secara ramah tamah dan sopan
§ Semua kebutuhan-kebutuhan dan permintaan-permintaan yang layak dari pelanggan dipenuhi di dalam jangka waktu yang dapat diterima sesuai tanggal waktu kesiapan


§ Kesempatan untuk memper-tinggi kualitas pelayanan di-identifikasi dan diambil bila-mana memungkinkan
§ Ketidakpuasan pelanggan dikenali tepat waktu dan di-ambil tindakan untuk meme-cahkan situasi sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu dan tata cara perusahaan
§ Keluhan-keluhan pelanggan ditangani secara sungguh-sungguh, peka dan sopan
§ Keluhan diserahkan kepada orang yang tepat untuk di-tindaklanjuti sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu
I.      Tujuan Pembelajaran
       Setelah pelajaran selesai diharapkan siswa dapat :
1.    Menjelaskan pengertian pelayanan prima dengan benar
2.    Menyebutkan harapan-aharapan pelanggan
II.   Materi Pokok
a.    Konsep-konsep pelayanan prima
b.    Konsep-konsep harapan pelanggan (basic human needs priniciples)
III. Metode Pembelajaran :  Tanya jawab, bermain peran, penjelasan/ceramah
IV.  Langkah-langkah Kegiatan
a.    Pertemuan Kesatu.
ü Kegiatan Awal 
§  Apersepsi dengan tanya jawab, mengaitkan indikator dengan menggali pengetahuan siswa yang telah ada.
§   Siswa menjawab pertanyaan dari guru
ü Kegiatan Inti
§   Guru menjelaskan konsep pelayaan prima dan harapan pelanggan.
§   Siswa memperhatikan penjelasan guru, menanyakan hal – hal yang kurang jelas.
ü Kegiatan Akhir
§   Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran dan meminta siswa untuk mempelajari materi pada pertemuan yang akan datang
VII.       Media/Bahan/Sumber Belajar   :
·      Modul BSKP
·      Buku paket BSKP
VIII.    Penilaian
e.                          Jenis Tes :
·         Tes lisan
·         Tes tertulis
                                                                       
                                                                                            Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:
6
Alokasi Waktu
:
 10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
Kompetensi Dasar
:
Menyediakan bantuan kepada pelanggan didalam dan diluar perusahaan
Indikator
:
§ Kebutuhan-kebutuhan dan harapan-harapan pelanggan, termasuk di dalamnya kebutuhan khusus, diidentifikasi secara benar dan produk-produk serta pelayanan diberikan secara tepat
§ Semua komunikasi dengan pelanggan dilakukan secara ramah tamah dan sopan
§ Semua kebutuhan-kebutuhan dan permintaan-permintaan yang layak dari pelanggan dipenuhi di dalam jangka waktu yang dapat diterima sesuai tanggal waktu kesiapan



§ Kesempatan untuk memper-tinggi kualitas pelayanan di-identifikasi dan diambil bila-mana memungkinkan
§ Ketidakpuasan pelanggan dikenali tepat waktu dan di-ambil tindakan untuk meme-cahkan situasi sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu dan tata cara perusahaan
§ Keluhan-keluhan pelanggan ditangani secara sungguh-sungguh, peka dan sopan
§ Keluhan diserahkan kepada orang yang tepat untuk di-tindaklanjuti sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu
I.      Tujuan Pembelajaran
       Setelah pelajaran selesai diharapkan siswa dapat :
1.      Menyebutkan konsep pelayanan rpima dengan benar
2.      Menjelaskan macam konsep pelayanan prima

II.   Materi Pokok
a.    Pelayanan prima berdasarkan konsep sikap
b.    Pelayanan prima berdasarkan konsep perhatian
c.    Pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan

III. Metode Pembelajaran :  Tanya jawab, bermain peran, penjelasan/ceramah

IV.  Langkah-langkah Kegiatan

b.   Pertemuan kedua
ü  Kegiatan awal (Pendahuluan)
§ Guru menjelaskan tentang rencana kegiatan yang akan dilakukan yaitu tentang konsep – konsep pelayanan prima.
§ Guru memberikan apersepsi dengan cara bertanya tentang materi yang telah diberikan sebelumnya yang masih berkaitan dengan materi yang diajarkan.
§ Guru membagi kelas dalam kelompok maksimal 5 anak.
ü  Kegiatan inti (Penyajian)
§  Guru memberikan masalah yang akan didiskusikan.
§  Kelompok diminta untuk mendskusikan tugasnya masing-masing.
§  Guru membimbing siswa dalam berdiskusi.
ü  Kegiatan akhir (Penutup)
§ Setelah selesai diskusi, guru memberikan penjelasan secara umum terutama terkait dengan sub-sub pokok bahasan serta memberikan jawaban masalah-masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh siswa yang muncul saat diskusi.
§  Meminta siswa untuk merangkum hasil diskusi
§  Memberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa
§  Menutup pembelajaran.

IX.  Media/Bahan/Sumber Belajar        :
·      Modul BSKP
·      Buku paket BSKP

X.     Penilaian
f.                           Jenis Tes :
·         Tes lisan
·         Tes tertulis
                                                                             Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:

Alokasi Waktu
:
 10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
Kompetensi Dasar
:
Menyediakan bantuan kepada pelanggan didalam dan diluar perusahaan
Indikator
:
§ Kebutuhan-kebutuhan dan harapan-harapan pelanggan, termasuk di dalamnya kebutuhan khusus, diidentifikasi secara benar dan produk-produk serta pelayanan diberikan secara tepat
§ Semua komunikasi dengan pelanggan dilakukan secara ramah tamah dan sopan
§ Semua kebutuhan-kebutuhan dan permintaan-permintaan yang layak dari pelanggan dipenuhi di dalam jangka waktu yang dapat diterima sesuai tanggal waktu kesiapan



§ Kesempatan untuk memper-tinggi kualitas pelayanan di-identifikasi dan diambil bila-mana memungkinkan
§ Ketidakpuasan pelanggan dikenali tepat waktu dan di-ambil tindakan untuk meme-cahkan situasi sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu dan tata cara perusahaan
§ Keluhan-keluhan pelanggan ditangani secara sungguh-sungguh, peka dan sopan
§ Keluhan diserahkan kepada orang yang tepat untuk di-tindaklanjuti sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu
I.      Tujuan Pembelajaran
       Setelah pelajaran selesai diharapkan siswa dapat :
1.      memenuhi kebutuhan dan permintaan pelanggan dalam jangka waktu yang dapat diterima sesuai tanggal waktu kesiapan.
2.      mengenali ketidakpuasan pelanggan menangani keluhan – keluhan pelanggan secara sungguh – sungguh, peka dan sopan.

II.   Materi Pokok
a.    Indikator timbulnya suatu ketidakpuasan pelanggan
b.    Kegiatan kehumasan

III. Metode Pembelajaran :  Tanya jawab, bermain peran, penjelasan/ceramah

IV.  Langkah-lngkah Kegiatan

c.    Pertemuan ketiga
ü Kegiatan Awal 
§  Apersepsi dengan tanya jawab, mengaitkan indikator dengan menggali pengetahuan siswa yang telah ada.
§   Siswa menjawab pertanyaan dari guru
ü Kegiatan Inti
§   Guru Menjelaskan materi indikator timbulnya ketidakpuasan pelanggan
ü Siswa menanggapi dan menganalisa materi indikator timbulnya         ketidakpuasan pelanggan
ü Kegiatan Akhir
§   Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran dan meminta siswa untuk mempelajari materi pada pertemuan yang akan datang

XI.  Media/Bahan/Sumber Belajar        :
·      Modul BSKP
·      Buku paket BSKP

XII.       Penilaian
g.                          Jenis Tes :
·         Tes lisan
·         Tes tertulis

                    Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:

Alokasi Waktu
:
 10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
Kompetensi Dasar
:
Menyediakan bantuan kepada pelanggan didalam dan diluar perusahaan
Indikator
:
§ Kebutuhan-kebutuhan dan harapan-harapan pelanggan, termasuk di dalamnya kebutuhan khusus, diidentifikasi secara benar dan produk-produk serta pelayanan diberikan secara tepat
§ Semua komunikasi dengan pelanggan dilakukan secara ramah tamah dan sopan
§ Semua kebutuhan-kebutuhan dan permintaan-permintaan yang layak dari pelanggan dipenuhi di dalam jangka waktu yang dapat diterima sesuai tanggal waktu kesiapan



§ Kesempatan untuk memper-tinggi kualitas pelayanan di-identifikasi dan diambil bila-mana memungkinkan
§ Ketidakpuasan pelanggan dikenali tepat waktu dan di-ambil tindakan untuk meme-cahkan situasi sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu dan tata cara perusahaan
§ Keluhan-keluhan pelanggan ditangani secara sungguh-sungguh, peka dan sopan
§ Keluhan diserahkan kepada orang yang tepat untuk di-tindaklanjuti sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu
I.      Tujuan Pembelajaran
       Setelah pelajaran selesai diharapkan siswa dapat :
1.      Menyebutkan faktor – faktor ketidakpuasan pelanggan
2.      memenuhi kebutuhan dan permintaan pelanggan dalam jangka waktu yang dapat diterima sesuai tanggal waktu kesiapan.
3.      mengenali ketidakpuasan pelanggan menangani keluhan – keluhan pelanggan secara sungguh – sungguh, peka dan sopan.

II.   Materi Pokok
a.    Indikator timbulnya suatu ketidakpuasan pelanggan
b.    Kegiatan kehumasan

III. Metode Pembelajaran :  Tanya jawab, bermain peran, penjelasan/ceramah

IV.  Langkah-langkah Kegiatan

d.    Pertemuan keempat
ü Kegiatan Awal 
§  Guru mengulas secara ringkas materi yang telah diajarkan sebelumnya
§  Apersepsi dengan tanya jawab, mengaitkan indikator dengan menggali pengetahuan siswa yang telah ada.
ü Kegiatan Inti
§   Siswa berlatih menyelesaikan masalah dan complain dari pelanggan.
§   Guru mengoreksi setiap latihan siswa
ü Kegiatan Akhir
§   Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran


XIII.    Media/Bahan/Sumber Belajar   :
·      Modul BSKP
·      Buku paket BSKP

XIV.      Penilaian
h.                          Jenis Tes :
·         Tes lisan
·         Tes tertulis
                                                                              Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006


                                                                                              







Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:

Alokasi Waktu
:
10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Memelihara Standar Presentasi Pribadi
Indikator
:
§ Standar unggul dari presen-tasi pribadi dilatih dengan mempertimbangkan: Tempat kerja, masalah kesehatan dan keselamatan,   pengaruh dari jenis-jenis pelanggan yang berbeda-beda, Kebutuhan-kebutuhan presentasi khusus untuk fungsi-fungsi pekerjaan khusus


I.      Tujuan Pembelajaran
1.  Siswa dapat memahami pentingnya grooming dalam penampilan prima.

II.   Materi Pokok
1.    Grooming
III. Metode Pembelajaran/Teknik: Tanya jawab,ceramah bervariasi, bermain peran.
IV.  Langkah-langkah Kegiatan
a.     Pertemuan Kesatu.
ü Kegiatan Awal 
§  Apersepsi dengan tanya jawab, mengaitkan indikator dengan menggali pengetahuan siswa yang telah ada.
§   Siswa menjawab pertanyaan dari guru
ü Kegiatan Inti
§   Guru menjelaskan pentingnya grooming dalam penampilan prima.
§   Siswa memperhatikan penjelasan guru, menanyakan hal – hal yang kurang jelas.
ü Kegiatan Akhir
§   Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran dan meminta siswa untuk mempelajari materi pada pertemuan yang akan datang

V.     Sumber/Bahan/Alat
·         Modul MKDK
·         Media komunikasi
·         Buku paket MKDK

VI.  Penilaian
a.    Jenis Test
·           Tes praktik
   Menggunakan berbagai media komunikasi
·           Tes tertulis

                                                                                              Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:

Alokasi Waktu
:
10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Memelihara Standar Presentasi Pribadi
Indikator
:
§ Standar unggul dari presen-tasi pribadi dilatih dengan mempertimbangkan: Tempat kerja, masalah kesehatan dan keselamatan,   pengaruh dari jenis-jenis pelanggan yang berbeda-beda, Kebutuhan-kebutuhan presentasi khusus untuk fungsi-fungsi pekerjaan khusus


I.      Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami arti kepribadian dan cara mengetahui kekuatan pribadi
II.   Materi Pokok
1.    Kuantitas kepribadian
III. Metode Pembelajaran/Teknik:
        Tanya jawab,ceramah bervariasi, bermain peran.
IV.  Langkah-langkah Kegiatan
b.     Pertemuan kedua
ü  Kegiatan awal (Pendahuluan)
§ Guru menjelaskan tentang rencana kegiatan yang akan dilakukan yaitu tentang arti kepribadian dan cara mengetahui kekuatan pribadi
§ Guru memberikan apersepsi dengan cara bertanya tentang materi yang telah diberikan sebelumnya yang masih berkaitan dengan materi yang diajarkan.
§ Guru membagi kelas dalam kelompok maksimal 5 anak.

ü  Kegiatan inti (Penyajian)
§  Guru memberikan masalah yang akan didiskusikan.
§  Kelompok diminta untuk mendskusikan tugasnya masing-masing.
§  Guru membimbing siswa dalam berdiskusi.
ü  Kegiatan akhir (Penutup)
§ Setelah selesai diskusi, guru memberikan penjelasan secara umum terutama terkait dengan sub-sub pokok bahasan serta memberikan jawaban masalah-masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh siswa yang muncul saat diskusi.
§  Meminta siswa untuk merangkum hasil diskusi
§  Memberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa
§  Menutup pembelajaran.

V.     Sumber/Bahan/Alat
·         Modul MKDK
·         Media komunikasi
·         Buku paket MKDK

VI.  Penilaian
b.    Jenis Test
·           Tes praktik
   Menggunakan berbagai media komunikasi
·           Tes tertulis

                                                                                  Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:

Alokasi Waktu
:
10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Memelihara Standar Presentasi Pribadi
Indikator
:
§ Standar unggul dari presen-tasi pribadi dilatih dengan mempertimbangkan: Tempat kerja, masalah kesehatan dan keselamatan,   pengaruh dari jenis-jenis pelanggan yang berbeda-beda, Kebutuhan-kebutuhan presentasi khusus untuk fungsi-fungsi pekerjaan khusus


I.      Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami arti bahasa tubuh dalam lingkungan kerja
II.   Materi Pokok
          Bahasa tubuh
III. Metode Pembelajaran/Teknik:
       Tanya jawab,ceramah bervariasi, bermain peran.

IV.  Langkah-langkah Kegiatan
c.      Pertemuan ketiga
ü Kegiatan Awal 
§  Apersepsi dengan tanya jawab, mengaitkan indikator dengan menggali pengetahuan siswa yang telah ada.
§   Siswa menjawab pertanyaan dari guru
ü Kegiatan Inti
§   Guru Menjelaskan materi arti bahasa tubuh dalam lingkungan kerja
ü Siswa menanggapi dan menganalisa materi indikator timbulnya         ketidakpuasan pelanggan
ü  Kegiatan Akhir
§   Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran dan meminta siswa untuk mempelajari materi pada pertemuan yang akan datang

V.     Sumber/Bahan/Alat
·         Modul MKDK
·         Media komunikasi
·         Buku paket MKDK

VI.  Penilaian
c.    Jenis Test
·           Tes praktik
   Menggunakan berbagai media komunikasi
·           Tes tertulis

                                                                                              Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:

Alokasi Waktu
:
10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Memelihara Standar Presentasi Pribadi
Indikator
:
§ Standar unggul dari presen-tasi pribadi dilatih dengan mempertimbangkan: Tempat kerja, masalah kesehatan dan keselamatan,   pengaruh dari jenis-jenis pelanggan yang berbeda-beda, Kebutuhan-kebutuhan presentasi khusus untuk fungsi-fungsi pekerjaan khusus


I.      Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami tata karma dalam jamuan bisnis (table manner)

II.   Materi Pokok
          Jamuan bisnis (table manner)

III. Metode Pembelajaran/Teknik:
       Tanya jawab,ceramah bervariasi, bermain peran.

IV.  Langkah-langkah Kegiatan
d.     Pertemuan keempat
ü Kegiatan Awal 
§  Guru mengulas secara ringkas materi yang telah diajarkan sebelumnya
§  Apersepsi dengan tanya jawab, mengaitkan indikator dengan menggali pengetahuan siswa yang telah ada.
ü Kegiatan Inti
§   Siswa berlatih jamuan bisnis (table manner).
§   Guru mengoreksi setiap latihan siswa
ü Kegiatan Akhir
§   Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran
§   ulkan hasil ulangan

V.     Sumber/Bahan/Alat
·         Modul MKDK
·         Media komunikasi
·         Buku paket MKDK

VI.  Penilaian
d.    Jenis Test
·           Tes praktik
   Menggunakan berbagai media komunikasi
·           Tes tertulis

                                                                                              Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006

       






Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:

Alokasi Waktu
:
10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Bekerja dalam satu  Tim
Indikator
:
§ Kepercayaan, dorongan dan rasa hormat ditunjukkan kepada anggota tim di dalam kegiatan sehari-hari
§ Perbedaan kebudayaan di-antara tim ditampung
§ Tujuan kerja tim diidentifikasi bersama-sama
§ Tugas-tugas individu diidenti-fikasi, diprioritaskan dan dilengkapi dalam tanggal waktu
§ Bantuan dicari dari anggota tim lainnya bila dibutuhkan
§ Bantuan diberikan kepada kolega-kolega untuk memastikan pencapaian tujuan kerja yang lebih ditetapkan
§ Umpan balik dan informasi dari anggota tim lainnya di-akui
§ Perubahan-perubahan tanggung jawab individu di-negosiasikan kembali untuk memenuhi tujuan-tujuan kerja


 I.     Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat bekerja dalam satu tim

II.     Materi Pokok
a.    Tata hubungan internal : vertikal dan horisontal
b.    Bekerja dengan orang lain

III.     Metode Pembelajaran/Teknik: Tanya jawab,ceramah bervariasi, bermain peran.

IV.     Langkah-langkah Kegiatan
a.     Pertemuan Kesatu.
ü Kegiatan Awal 
§  Apersepsi dengan tanya jawab, mengaitkan indikator dengan menggali pengetahuan siswa yang telah ada.
§   Siswa menjawab pertanyaan dari guru
ü Kegiatan Inti
§   Guru menjelaskan pentingnya tata hubungan internal dan bekerja dengan orang lain.
§   Siswa memperhatikan penjelasan guru, menanyakan hal – hal yang kurang jelas.
ü Kegiatan Akhir
§   Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran dan meminta siswa untuk mempelajari materi pada pertemuan yang akan datang

V.     Sumber/Bahan/Alat
·         Modul MKDK
·         Media komunikasi
·         Buku paket MKDK
VI.     Penilaian
e.    Jenis Test
·           Tes praktik
   Menggunakan berbagai media komunikasi
Tes tertulis
                                                                                  Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:

Alokasi Waktu
:
10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Bekerja dalam satu  Tim
Indikator
:
§ Kepercayaan, dorongan dan rasa hormat ditunjukkan kepada anggota tim di dalam kegiatan sehari-hari
§ Perbedaan kebudayaan di-antara tim ditampung
§ Tujuan kerja tim diidentifikasi bersama-sama
§ Tugas-tugas individu diidenti-fikasi, diprioritaskan dan dilengkapi dalam tanggal waktu
§ Bantuan dicari dari anggota tim lainnya bila dibutuhkan
§ Bantuan diberikan kepada kolega-kolega untuk memastikan pencapaian tujuan kerja yang lebih ditetapkan
§ Umpan balik dan informasi dari anggota tim lainnya di-akui
§ Perubahan-perubahan tanggung jawab individu di-negosiasikan kembali untuk memenuhi tujuan-tujuan kerja

I.        Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menjelaskan pengertian interpersonal ship
II.     Materi Pokok
c.    Interpersonal relationship
III.     Metode Pembelajaran/Teknik: Tanya jawab,ceramah bervariasi, bermain peran.
IV.     Langkah-langkah Kegiatan
b.     Pertemuan kedua
ü  Kegiatan awal (Pendahuluan)
§  Guru menjelaskan tentang rencana kegiatan yang akan dilakukan yaitu tentang Interpersonal relationship
§  Guru memberikan apersepsi dengan cara bertanya tentang materi yang telah diberikan sebelumnya yang masih berkaitan dengan materi yang diajarkan.
§  Guru membagi kelas dalam kelompok maksimal 5 anak.
ü  Kegiatan inti (Penyajian)
§  Guru memberikan masalah yang akan didiskusikan.
§  Kelompok diminta untuk mendskusikan tugasnya masing-masing.
§  Guru membimbing siswa dalam berdiskusi.
ü  Kegiatan akhir (Penutup)
§ Setelah selesai diskusi, guru memberikan penjelasan secara umum terutama terkait dengan sub-sub pokok bahasan serta memberikan jawaban masalah-masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh siswa yang muncul saat diskusi.
§  Meminta siswa untuk merangkum hasil diskusi
§  Memberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa
§  Menutup pembelajaran.
V.     Sumber/Bahan/Alat
·         Modul MKDK
·         Media komunikasi
·         Buku paket MKDK
VI.     Penilaian
f.     Jenis Test
·           Tes praktik
   Menggunakan berbagai media komunikasi
Tes tertulis
                                                                                  Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:

Alokasi Waktu
:
10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Bekerja dalam satu  Tim
Indikator
:
§ Kepercayaan, dorongan dan rasa hormat ditunjukkan kepada anggota tim di dalam kegiatan sehari-hari
§ Perbedaan kebudayaan di-antara tim ditampung
§ Tujuan kerja tim diidentifikasi bersama-sama
§ Tugas-tugas individu diidenti-fikasi, diprioritaskan dan dilengkapi dalam tanggal waktu
§ Bantuan dicari dari anggota tim lainnya bila dibutuhkan
§ Bantuan diberikan kepada kolega-kolega untuk memastikan pencapaian tujuan kerja yang lebih ditetapkan
§ Umpan balik dan informasi dari anggota tim lainnya di-akui
§ Perubahan-perubahan tanggung jawab individu di-negosiasikan kembali untuk memenuhi tujuan-tujuan kerja


VII.     Tujuan Pembelajaran
2.    Siswa dapat menyebutkan komponen-komponen interpersonal ship
VIII.     Materi Pokok
d.    Komponen-komponen interpersonal relationship

IX.     Metode Pembelajaran/Teknik: Tanya jawab,ceramah bervariasi, bermain peran.

X.     Langkah-langkah Kegiatan

c.      Pertemuan ketiga
ü Kegiatan Awal 
§  Apersepsi dengan tanya jawab, mengaitkan indikator dengan menggali pengetahuan siswa yang telah ada.
§   Siswa menjawab pertanyaan dari guru
ü Kegiatan Inti
§  Guru Menjelaskan materi Komponen-komponen interpersonal relationship
§  Siswa menanggapi dan menganalisa materi indikator timbulnya ketidakpuasan pelanggan
ü  Kegiatan Akhir
§   Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran dan meminta siswa untuk mempelajari materi pada pertemuan yang akan datang

XI.     Sumber/Bahan/Alat
·         Modul MKDK
·         Media komunikasi
·         Buku paket MKDK

XII.     Penilaian
g.    Jenis Test
·           Tes praktik
   Menggunakan berbagai media komunikasi
Tes tertulis
                                                                                  Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                                         Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah
:
SMK NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran
:
Dasar kompetensi keahlian
Kelas/Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:

Alokasi Waktu
:
10 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar
:
Bekerja dalam satu  Tim
Indikator
:
§ Kepercayaan, dorongan dan rasa hormat ditunjukkan kepada anggota tim di dalam kegiatan sehari-hari
§ Perbedaan kebudayaan di-antara tim ditampung
§ Tujuan kerja tim diidentifikasi bersama-sama
§ Tugas-tugas individu diidenti-fikasi, diprioritaskan dan dilengkapi dalam tanggal waktu
§ Bantuan dicari dari anggota tim lainnya bila dibutuhkan
§ Bantuan diberikan kepada kolega-kolega untuk memastikan pencapaian tujuan kerja yang lebih ditetapkan
§ Umpan balik dan informasi dari anggota tim lainnya di-akui
§ Perubahan-perubahan tanggung jawab individu di-negosiasikan kembali untuk memenuhi tujuan-tujuan kerja


XIII.     Tujuan Pembelajaran
3.    Siswa dapat menjelaskan mengenai pengembangan profesi

XIV.     Materi Pokok
e.    Pengembangan profesionalisme kerja

XV.     Metode Pembelajaran/Teknik: Tanya jawab,ceramah bervariasi, bermain peran.

XVI.     Langkah-langkah Kegiatan

d.     Pertemuan keempat
ü Kegiatan Awal 
§  Apersepsi dengan tanya jawab, mengaitkan indikator dengan menggali pengetahuan siswa yang telah ada.
§   Siswa menjawab pertanyaan dari guru
ü Kegiatan Inti
§  Guru Menjelaskan pengembangan profesionalisme kerja
§  Siswa menanggapi dan menganalisa materi pengembangan profesionalisme kerja
ü  Kegiatan Akhir
§   Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran

XVII.     Sumber/Bahan/Alat
·         Modul MKDK
·         Media komunikasi
·         Buku paket MKDK

XVIII.     Penilaian
h.    Jenis Test
·           Tes praktik
   Menggunakan berbagai media komunikasi
·           Tes tertulis
       
                                                                                              Banjarnegara,     
          Mengetahui
          Waka Kurikulum                                              Guru Bidang Studi


          Drs. Purwanto                                



                        Adi Suswanto,S.Pd
          NIP                                                               NIP. 19690612 200312 1 006